Strategi diferensiasi bertujuan untuk menciptakan jarak yang besarantara penciptaan nilai pembeli dan biaya keunikan dari sebuah nilai tambah perusahaan.
cara perusahaan dapat meningkatkan peran saluran dalam diferensiasi yaitu :
Perusahaan dapat meningkatkan peran saluran dalam diferensiasi melalui tindakan seperti:1. pemilihan saluran untuk mencapai konsistensi dalam fasilitas, kemampuan, atau gambar.
2. menetapkan standar dan kebijakan tentang bagaimana saluran harus beroperasi, penyediaan materi iklan dan pelatihan untuk digunakan oleh chan nels.
3. menyediakan pendanaan sehingga saluran dapat menawarkan kredit.
Diferensasi dapat memberikan perbedaan dengan pesaingnya dengan cara membedakan dirinya dari para pesaingnya ketika ia menyediakan sesuatu yang unik yang berharga bagi pembeli di luar hanya menawarkan harga yang rendah. Diferensiasi memungkinkan perusahaan untuk menetapkan harga premium, untuk menjual lebih banyak produknya dengan harga tertentu, atau untuk mendapatkan manfaat yang setara seperti kesetiaan pembeli yang lebih besar selama siklus atau kemunduran musiman.
Referensi:
Porter, M.E. (1985). Competitive Advantage creating and sustaining superior performance with new introduction.Chapter 4 Differentiation. New York: Simon&Shcuster inc.
Pedro M. García-Villaverde, Gloria Parra-Requena, María J. Ruiz-Ortega (2017). From pioneering orientation to new product performance through competitive tactics in SMEs. BRQ Business Research Quarterly, 20, 275---290
0 komentar:
Posting Komentar