Minggu, 04 Maret 2018

Perbedaan Air Mineral Kemasan Brand Aqua dan Indomaret

Perbedaan Air Mineral Kemasan Aqua dan Indomaret

Disini yang akan saya bahas fokus terhadap Air Mineral Dalam Kemasan 600 ml, yaitu produk Brand Aqua dan Indomaret.

 AQUA

Aqua 
  • AQUA telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30 tahun. Sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejak didirikan tahun 1973, kini AQUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia. Dulu dan kini, AQUA tetap dan selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume penjualan AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral.
  • Lebih lagi kini group DANONE yang merupakan salah satu produsen terbesar dan terbaik di dunia untuk minuman menjadi bagian dari AQUA. Keunggulan DANONE dalam produk makanan dan minuman bernutrisi menjadikan AQUA semakin baik dan kokoh.
  • Berasal dari sumber mata air terpilih dan terlindung, sehingga menjamin bahwa segala kebaikan alam dari sumbernya tetap terjaga dalam setiap tetesnya. Ini berarti bahwa setiap tetes AQUA memiliki segala kebaikan dan keseimbangan mineral alami.
  • Sumber mata air dipilih setelah melalui proses yang penuh ketelitian dan hati-hati. Setiap sumber mata air pegunungan harus memenuhi 9 poin kriteria yang kemudian melewati 5 tahap proses seleksi yang ketat selama kurang lebih 1 tahun sebelum akhirnya dapat menjadi mata air AQUA. Tidak heran apabila kualitas AQUA merupakan yang terbaik
  • Setiap tetes AQUA mengandung mineral alami yang seimbang, menjadikannya sungguh baik untuk dikonsumsi setiap hari oleh seluruh anggota keluarga. Kesembangan mineral-mineral yang alami ini penting fungsinya bagi kesehatan tubuh.
  • Setelah ditemukan, sumber mata air dan area sekitarnya juga senantiasa dijaga dan dilindungi kelestariannya. Secara sistematis, AQUA melindungi kelestarian lingkungan sumber airnya mulai dari area tangkapan air hujan hingga lingkungan sekeliling sumber air. Dinding perlindungan bawah tanah juga dibangun untuk mencegah rembesan.
  • Selain itu, AQUA berkomitmen untuk menjaga kelestarian sumber mata airnya dengan tidak mengambil lebih dari apa yang diberikan oleh alam. Hal ini dilakukan guna memastikan bahwa segala Kebaikan Alam tetap terjaga dalam setiap tetes AQUA.
  • Menggunakan manajemen sumber daya air yang canggih. Sebagai bagian dari Grup Danone di seluruh dunia, AQUA mengikuti aturan yang dituangkan dalam Piagam Danone untuk manajemen sumber daya air untuk menjamin kualitas sumber-sumber mata airnya.
  • Diproses dengan sistem proses terpadu yang menjamin bahwa tidak ada apapun antara Anda dan kebaikan alam. Sistem proses terpadu ini merupakan proses yang canggih namun sederhana dan dapat memastikan bahwa tidak ada satupun mineral penting dari alam yang terbuang percuma.
  • Setiap tahapan dan titik proses ada kontrol kualitas yang menjamin kualitas produk, sehingga menjamin bahwa segala kebaikan alam tetap terjaga dalam setiap tetes AQUA.
  • Sistem proses dan kualitas AQUA memenuhi standar yang dibuat oleh Good Manufacturing Practice dan Good Sanitation-Hygienic Practice sekaligus kualitas produk akhir sesuai dengan SNI 01-3553-2006 atau “Codex for Bottle Water”.
  • AQUA merupakan merek minuman yang sudah terpercaya hingga puluhan tahun sebagai merek terbaik. Terbukti AQUA sudah menerima berbagai penghargaan yang merupakan wujud kepercayaan dan kepuasan konsumen, antara lain: Indonesian Best Brand Award (penghargaan untuk merek terbaik Indonesia) dari tahun 2003-2004, Indonesian Customer Satisfaction Award (penghargaan untuk merek yang memberikan kepuasan tertinggi kepada konsumennya) dari tahun 2003 dan Indonesian Golden Brand Award di tahun 2005-2007.
  • AQUA secara aktif melakukan berbagai program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya program AKSI (AQUA untuk Keluarga Sehat Indonesia) dan AuAI (AQUA untuk Anak Indonesia).

 Aqua memiliki botol atau  kemasan yang lebih baik dibandingkan brand indomaret, lebih tebal dan lebih kuat.

Air mineral  Aqua lebih terlihat bening dan bersih.

Indomaret

Sebenarnya disini brand air mineral indomaret bukan buruk, tetapi menurut pandangan dan hasiil diskusi kelompok kami (Crane), brand ini cukuo baik tetapi aqua yang terbaik.

Kemasan nya tipis dan tidak kuat dibandingkan aqua. Dan kualitas air nya kurang begitu jernih walaupun sebeenarnya produk ini dibuat dengan cara yang  higenis.

Jawaban pertanyaan:

Bagaimana Aqua bisa tetap menjaga kualitas dan brand image nya dan mengapa aqua lebih laku:

Aqua untuk menjaga brand image nya dengan cara memproduksi dengan 5 step yang sangat baik, saya tidak akan menjelaskan prosesnya. Dan produk ini akan terus diperbaiki setiap ada kekurangan yang terlihat. Aqua melakukan marketing dan distribusi yang baik dengan cara mudah didapatkan di retailer sampai pelosok, sedangkan produk lain belum melakukan hal seperti ini.

Bagimana produk indomaret bisa menyamai produk aqua:

Produk indomaret  bisa menyamai produk aqua dengan cara memperbaiki produksinya (kualitas barang), Promotion, dan disributionnya. Karena produk aqua jauh lebih unggul diketiga aspek itu.

Apakah aqua memiliki rasa yang berbeda:

Aqua tidak memiliki rasa yang berbeda, hanya perbedaan dari produknya di kejernihan air dan kemasannya saja yang lebih baik.

Simpulan

Semakin hari kebutuhan air diindonesia terus bertambah terutama untuk konsumsi, dizaman yang semakin praktis ini konsumen tidak hanya memilih asal air minum tetapi sudah sadar dengan kandungan zat yang ada didalam air minum tersebut. Untuk dapat bersaing produsen harus menarik perhatian konsumen dengan startegi pemasaran yang kreatif dan inovatif tetapi tidak mengabaikan kualitas. 

1 komentar: