Sabtu, 17 Februari 2018

#TM1Sabtu170218

Pengertian & Fungsi Manajemen Distribusi


Distribusi adalah suatu proses penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen dan para pemakai, sewaktu dan dimana barang atau jasa tersebut diperlukan. Proses distribusi tersebut pada dasarnya menciptakan faedah (utility) waktu, tempat, dan pengalihan hak milik.

Fungsi manajemen distribusi adalah mengembangkan strategi yang searah dengan visi dan misi perusahaan, berdasarkan pada berbagai keputusan yang berkaitan untuk memindahkan barang-barang fisik maupun non fisik guna mencapai tujuan perusahaan.

ada 5 Fungsi Manajemen Distribusi yaitu :

Fungsi penyediaan fisik (logistical function)

Fungsi ini terjadi setelah terjadi fungsi pertukaran. Fungsi penyediaan fisik terkait dengan proses perpindahan barang secara fisik dari produsen ke konsumen. Ada empat macam sub fungsi penyediaan fisik mencakup :

      Fungsi pengumpulan

Sebagai saluran distribusi, perantara melakukan fungsi pengumpulan barang dari beberapa sumber atau beberapa macam barang dari sumber yang sama.
Sebagai contoh, supermarket dapat menampung bermacam-macam barang dari beberapa sumber. Apabila penyaluran tersebut dilakukan oleh masing-masing sumber kepada pembeli secara langsung maka transaksi yang terjadi akan sangat banyak.
 
 
      Fungsi penyimpanan

Fungsi penyimpanan menciptakan nilai guna waktu melakukan penyesuaian antara penawaran denganpermintaan. Untuk produk baru, biasanya outlet tradisional mempunyai posisi yang kuat. Tidak jarang mereka meminta listing fee seperti yang dilakukan pengelola modern market.
     
Fungsi pemilihan

Fungsi pemilihan ini dilakukan oleh penyalur dengan cara menggolong-golongkan, memeriksa dan menentukan jenis barang yang disalurkan. Jenis barang konsumsi akan mempanyuai saluran distribusi yang berbeda dengan barang industri. Berkaitan dengan kualitas barang, penyalur juga harus memutuskan apakah akan mengambil semua kualitas atau hanya kualitas tertentu saja.
    
  Fungsi pengangkutan/transportasi

Pengangkutan merupakan fungsi pemindahan barang dari tempat barang diproduksi ketempat barang di konsumsi. Dalam kaitannya dengan transportasi, anggota saluran distribusi perlu memperhatikan keputusan pengangkutan. Pilihan pengangkutan akan mempengaruhi penetapan harga produk, kinerja pengiriman dan kondisi barang sat barang tiba di tujuan


Kesimpulan :
kesimpulan dari manajemen distribusi adalah suatu cara mengelola pengiriman barang dari produsen kepada konsumen , dan juga memiliki fungsi penyediaan fisik , pengumpulan , penyimpanan , pemilihan dan fungsi pengangkutan yang berguna untuk jasa pengiriman barang kepada konsumen.

0 komentar:

Posting Komentar