Pengertian & Fungsi Manajemen Distribusi
Distribusi adalah suatu proses penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen dan para pemakai, sewaktu dan dimana barang atau jasa tersebut diperlukan. Proses distribusi tersebut pada dasarnya menciptakan faedah (utility) waktu, tempat, dan pengalihan hak milik.
Fungsi manajemen distribusi adalah mengembangkan strategi yang searah dengan visi dan misi perusahaan, berdasarkan pada berbagai keputusan yang berkaitan untuk memindahkan barang-barang fisik maupun non fisik guna mencapai tujuan perusahaan.
ada 5 Fungsi Manajemen Distribusi yaitu :
Fungsi penyediaan fisik (logistical function)
Fungsi pengumpulan
Sebagai contoh, supermarket dapat menampung bermacam-macam barang dari beberapa sumber. Apabila penyaluran tersebut dilakukan oleh masing-masing sumber kepada pembeli secara langsung maka transaksi yang terjadi akan sangat banyak.
Fungsi penyimpanan
Fungsi penyimpanan menciptakan nilai guna waktu melakukan penyesuaian antara penawaran denganpermintaan. Untuk produk baru, biasanya outlet tradisional mempunyai posisi yang kuat. Tidak jarang mereka meminta listing fee seperti yang dilakukan pengelola modern market.
Fungsi pemilihan
Fungsi pengangkutan/transportasi
Kesimpulan :
kesimpulan dari manajemen distribusi adalah suatu cara mengelola pengiriman barang dari produsen kepada konsumen , dan juga memiliki fungsi penyediaan fisik , pengumpulan , penyimpanan , pemilihan dan fungsi pengangkutan yang berguna untuk jasa pengiriman barang kepada konsumen.
0 komentar:
Posting Komentar