Sabtu, 15 Desember 2018

PT SAP ( Satria Antaran Prima )


Related imageNama               :  Muhammad Neviansyah Putra
Nim                  :  224416194 / MLM E

KELOMPOK 2 ( WINGBOX ) :   
Mizan Nur Hakim
M.Neviansyah Putra
Herlin Vianti
Wira Dharma
Rezky Ivan
M.Dienullah
Beatrice Rosaline
Zahra Nabila
Ridwan DhiaZ


      SAP
 Express Courier


Sejarah SAP Express Courier.

SAP Express (Satria Antaran Prima Express) mulai beroperasi di Jakarta tanggal 9 September 2014. Awal mula bisnis Perseroan dibentuk, dengan menjadi pionir dalam pengiriman barang berbasis aplikasi Android dan web. Perseroan resmi beroperasi dengan nama PT Satria Antaran Prima, dengan jumlah cabang pada akhir tahun 2014 sebanyak 6 cabang. Pertama kali berdiri, SAP Express menerapkan sistem operasional berbasis Android dalam usahanya. Inovasi ini, menempatkan SAP Express sebagai pelopor perusahaan jasa pengiriman berbasis Android di Indonesia.



Tentang Kami.
  • Visi :
Menjadi perusahaan jasa pengiriman tercepat dan terpercaya di Nusantara dengan dukungan manajemen yang prima, inovasi dan merek yang kuat.
  • Misi
Meningkatkan taraf hidup manusia melalui jasa pengiriman yang handal.
  • Motto
Berkembang bersama sepanjang masa.

Nilai Dasar.
  • Memberi nilai lebih kepada pelanggan. 
  • Komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antar tim(team work). 
  • Senantiasa berikhtiar maksimal dalam berkarya. 
  • Mengembangkan Teknologi dan Informasi perusahaan , untuk menunjang kinerja usaha.
Struktur Organisasi.
  • Supervisor 1 orang 
  • Kordinator 1 orang 
  • Administrasi 1 orang 
  • Customer service 1 orang
Lokasi SAP.

AlamatJl. Buaran I No.52, RT.6/RW.12, Klender, Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13470.




Memiliki 2 buah mobil dan 4 motor untuk mempermudah dalam pengiriman barang ke pelanggan
.
Bisnis Proses.






Barang – barang yang Dilarang.
*          




*          
Harga Pengiriman Dari Jakarta.
  • 7000/kg Wilayah Jabodetabek Dalam 1 Hari 
  • 8.500/kg Jakarta – Bandung Dalam 2 Hari 
  • 14.500/kg Jakarta – Semarang Dalam 2 Hari 
  • 15.500/kg Jakarta – Surabaya Dalam 2 Hari  
  • 24.500/kg Jakarta – Medan Dalam 2 Hari 
  • 23.000/kg Jakarta – Padang Dalam 2 Hari  
  • 38.000/kg Jakarta – Banjarmasin Dalam 3 Hari  
  • 18.500/ kg Jakarta – Denpasar Dalam 2 Hari 
  • 29.500/kg Jakarta – Makassar Dalam 2 Hari  
  • 46.000/Kg Jakarta – Kupang Dalam 4-5 Hari 
  • 74.000/Kg Jakarta – Jayapura Dalam 4-7 Hari
Kelebihan Dan Kekurangan Dalam Proses Pengiriman Barang.
  1. Untuk One Day Service Khusus Nya ke pulau Jawa, Sumatra, Sulawesi, dan Denpasar Harga nya Tinggal Ditambahkan Rp. 4000 – 6000. (Kecuali Jabodetabek). 
  2. Untuk Wilayah Kalimantan Tidak Ada proses Pengiriman Cepat Karena Masih Terkendala Infrastruktur Yang Belum Cukup Memadai Untuk Pengiriman Cepat. 
  3. Untuk Pengiriman Ke Jayapura dan Nusa Tenggara Memang Harga Nya Cukup Mahal Karena Tidak Ada transportasi Yang murah Dari/ke Jayapura. Dan Infrastruktur Juga Masih Menjadi Hambatan Utama .

Asuransi.
Meliputi 2 pilihan untuk pelanggan :
  1. Bisa diasuransikan tergantung dari customer apakah ingin mengansuransikannya atau  tidak 
  2. Pelanggan bisa meminta pihak perusahaan asuransi yang diinginkan dengan meminta SAP untuk mengurus nya.

Peraturan di SAP.
  • Kepala cabang / Supervisor setiap hari memonitor barang masuk. 
  • Semua kiriman masuk di cabang wajib di CMI. 
  • Semua kiriman yang diberikan ke kurir wajib di manifest. 
  • Kurir dilarang memilih kiriman yang diberikan oleh leader. 
  • Kiriman retur ,wajib ditelepon ke pelanggan , sebelum dikembalikan ke pusat. 
  • SLA kiriman kota provinsi / JABODETABEK 1- 2 hari. 
  • SLA kiriman kabupaten Jawa: 2-4 hari. 
  • SLA kiriman luar jawa: 2-6 hari. 
  • Kurir wajib update status kiriman di Android.
  •  Jika tidak melalui android ,AWB dipisahkan & dinput EDP. 
  • Tingkat keberhasilan kurir minimal 97% & return max 3 %. 
  • Kurir yang tidak masuk dalam 1 bulan 2x wajib di tindak. 
  • Kurir yang membuat status kiriman palsu dikeluarkan. 
  • Uang COD wajib disetorkan 1 hari , max 3hari, lewat 3 hari pihak yang bertanggung jawab dikeluarkan 
  • Kurir wilayah kota wajib kembali ke kantor sore hari. 
  • kurir/staf yang menghilangkan kartu stok langsung dimutasi, kecuali kecelakaan. 
  • Hasil Investigasi  wajib dilaporkan hasilnya maksimal 3 hari dari permintaan. 
  • Seluruh staf / kurir wajib menjalankan peraturan ini , yang melanggar akan ditindak. 

Value Added terhadap Pelanggan.
  • Memperbagus pengepakan dan pengemasan 
  • Membuat program khusus untuk pelanggan setia. 
  • Menempatkan personil yang lebih berdedikasi untuk menangani pelanggan tertentu 
  • Memberikan informasi secara berkala 
  • Mempercepat pelayanan. 
  • Memberikan saran yang baik kepada pelanggan serta pelayanan dengan tingkat profesionalisme yang tinggi

Perbedaan SAP Dengan Perusahaan Yang Lain.







Dokumentasi pada saat interview di SAP.





Perusahaan SAP hanya memiliki satu cabang di Jakarta timur yaitu berada di Jl. Buaran I No.52, RT.6/RW.12, Klender, Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13470 Dan memiliki 10 agen. Cabang perusahaan SAP Express Courier yang berada di Jakarta timur memiliki asset berupa : 
  1. Computer 4
  2. Rak penyimpanan dokumen dan barang
  3. Meja
  4. Buku / dokume.
  5. Telephone /  handphone
  6. AC
  7. Kursi
  8. dan lain - lain 
Ganti rugi untuk barang yang di asuransikan adalah sesuai dengan ketentuan asuransi yang berlaku di SAP EXPRESS.
maksimal adalah 5 x ( kali ongkos kirim ) 
atau harga barang diambil nilai yang paling rendah,  nilai penggantian maksimal Rp.1.000.000
Khusus untuk kiriman dokumen dan surat - surat, nilai penggantian maksimal adalah Rp.100.000
SAP EXPRESS tidak akan memberikan ganti rugi .
tidak akan memberikan ganti rugi kepada pengirim akibat dari kejadian atau hal-hal yang diluar kemampuan kontrol SAP Express atau kerusakan akibat bencana alam (Force Majeure).
Apabila tidak ada keluhan dari penerima pada saat barang kiriman diserahkan, maka barang kiriman dianggap telah diterima dengan baik dan benar.
Pengaduan/klaim atas kehilangan atau kerusakan harus diajukan pengirim (bukan penerima) selambat-lambatnya dalam waktu 3 (tiga) hari terhitung sejak diterimanya barang tersebut beserta dokumen-dokumen yang terkait.

SAP dengan partnership nya memberikan kontribusi berupa  priotas yang berarti penting dan utama dalam melakukan aktivitas kerja sama bisnis , dibandingkan perusahaan yang belum melakukan hubungan kerja sama atau partnership
Contoh nya
Dari hasil wawancara kelompok kami, perusahaan SAP EXPRESS karena sudah Dipercaya perusahaan blibli.com Yang merupakan partnership nya , SAP EXPRESS diberikan kepercayaan untuk mengirim emas atau perhiasan dari blibli.com.
Kemudian dari hal itu SAP EXPRESS memberikan pelayanan maksimal terhadap blibli.com karena rasa kepercayaan nya yang tinggi terhadap SAP EXPRESS .


1 komentar:

  1. Gimana cara meretur barang cod tp tidak sesuai karn saya bayar 1jt tapi dihargai 50rb pun barang itu tidak cocok tolong bantuannya KPD PTSAP..karena dipaket tidak ada nomer penjual..saya harus gimana???

    BalasHapus