Saluran distribusi merupakan serangkaian partisipan organisasional yang melakukan semua fungsi yang dibutuhkan untuk menyampaikan produk dari penjual ke pembeli akhir (Chandra, 2005:221). Menurut Swastha (1984:192), yang dimaksud dengan saluran distribusi untuk suatu barang adalah saluran yang digunakan oleh produsen dalam menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri. Dalam distribusinya, produsen sering menggunakan perantara sebagai penyalurnya. Perantara disini merupakan suatu usaha yang berdiri sendiri, berada diantara produsen dan konsumen akhir atau pemakai industri. Mereka memberi pelayanan dalam hubungannya dengan pembelian, penjualan, dan jasa dari produsen ke konsumen. Penghasilan yang mereka terima juga secara langsung berasal dari transaksi tersebut.
Tujuan melakukan distribution channel adalah agar konsumen dapat memperoleh barang atau produk yang diinginkan dengan mudah. Ada beberapa alasan dan pertimbangan saat akan melakukan distribution channel adalah efesiensi biaya, fokus pada produksi, SDM (bantuan teknis), geografi, jenis barang (pergudangan), harga barang, dan daya tahan barang.
Tujuan melakukan distribution channel adalah agar konsumen dapat memperoleh barang atau produk yang diinginkan dengan mudah. Ada beberapa alasan dan pertimbangan saat akan melakukan distribution channel adalah efesiensi biaya, fokus pada produksi, SDM (bantuan teknis), geografi, jenis barang (pergudangan), harga barang, dan daya tahan barang.
Peran perantara pemasaran adalah mengubah berbagai macam produk yang dibuat oleh produsen menjadi berbagai macam yang diinginkan oleh konsumen. Produsen membuat berbagai macam produk dalam jumlah besar, tetapi konsumen menginginkan berbagai macam produk dalam jumlah kecil. Anggota saluran distribusi membeli sejumlah besar dari banyak produsen dan membaginya ke dalam jumlah yang lebih kecil dan berbagai macam yang lebih luas yang diinginkan oleh konsumen.
Contoh Distribution Channel :
Setiap hari PT.Djarum adalah perusahaan penghasil rokok terbesar di indonesia , hampir setiap hari PT.Djarum memproduksi rokok . Setelah selesai proses pembuatan dan packaging , PT.Djarum mengirimkan produk rokok nya ke Carrefour dalam jumlah besar. Disini Carrefour bertindak sebagai middleman . setelah pemesanan sampai , pihak carrefour langsung menyimpan nya di gudang mereka dan langsung di jual di toko Carrefour , para konsumen dapat membelinya di Carrefour.
Referensi :
https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-saluran-distribusi-channel-of-distribution/13401
https://www.investopedia.com/terms/d/distribution-channel.asp
0 komentar:
Posting Komentar