PT.Sarana Bandar Nasional.
Merupakan salah satu anak perusahaan PT.
(Persero) Pelayaran Nasional Indonesia salah satu perusahaan pelayaran BUMN
terkemuka di Indonesia yang kini telah bermetamorfosa menjadi Pelni Logistics,
yaitu branding untuk PT. Sarana Bandar Nasional, anak perusahaan dan groupnya
yang memiliki visi menjadi total logistics company.
Berdiri sejak 31 Maret 1986, Pelni Logistics
saat ini menangani bisnis jasa bongkar muat, freight forwarding, transportasi
dan distribusi, pengurusan kepabeanan (PPJK), pergudangan, depo container,
serta pengusahaan retail dan trading melalui seluruh lini bisnisnya yang
tersebar diseluruh wilayah nusantara, dengan dukungan 56 kantorcabang,
strategic business unit (SBU), anak perusahaan dan kapal-kapal perusahaan induk
yang memiliki jadwal tetap dan teratur.
PT. Sarana Bandar Nasional ( cabang Tj. Priok )
telah mndapatkan sertifikat Keselamatan
OSAS. Dalam Undang – undang setiap perusahaan wajib memiliki perusahaan
logistik sendiri. Target PT.Pelni yaitu mencapai 35 milyar / tahun.
Yang di jual PT.Pelni yaitu
jadwal kapal .
contohnya : Jadwal kapal berangkat pada jam 16.00 wib , baik ada
penumpang / tidak ada muatan kapal harus tetap berangkat sesuai jadwal yang
sudah di tentukan.
Jenis Kapal.
Kapal memiliki 3 jenis yaitu :
- Kapal angkut
penumpang.
- Kapal angkut penumpang
+ barang ( 2in1 ).
- Kapal angkut penumpnga
+ barang + kendaraan ( 3in1 ).
KENDALA :
Kendala yang sering dialami biasanya
dalam bongkar muat , dimana :
- sumber daya manusianya yang kurang
ahli / sedikit. contoh nya di daerah pedalaman hanya memiliki beberapa
buruh saja berbeda dengan daerah yang sudah maju dimana mereka memiliki
banyak SDM dan karyawan yang sudah ahli.
- Di daerah yang susah di
jangkau/ pedalaman masih belum mempunyai peralatan yang modern.
- Ketika crane/ Derek
rusak.
- Ketika ban bocor saat membawa
container dari depo.
Tol Laut.
Tol
laut adalah konsep untuk memperbaiki proses pengangkutan logistik
di Indonesia yang saat ini sedang gencar diterapkan oleh pemerintah . Sehingga
diharapkan proses distribusi barang (terutama bahan pangan) di Indonesia
menjadi semakin mudah. Kemudian, berdampak pada harga bahan pokok yang semakin
merata di seluruh wilayah Indonesia.
Contoh pelabuhan yang terhubung
dengan tol laut Indonesia cetusan Ir. Joko Widodo adalah pelabuhan Tanjung
Priok dengan Tanjung Perak, Sorong dengan Tanjung Perak.
Palka.
Ruang palka (ruang muat) adalah
ruangan dibawah geladak gunanya untuk tempat menyimpan muatan kapal.
Barang muatan harus dapat tersimpan dengan baik, tidak rusak dan tidak
busuk. Karena itu ruangan palka harus dapat memenuhi beberapa
persyaratan tertentu diantara ialah :
- Ruang palkah harus kedap air, artinya barang yang ada
di dalam ruang palka tersebut harus dapat dijamin tidak kemasukan
air.
- Ruang palka harus tidak mudah terpengaruh panas dari
luar sehingga es yang di dalam palka tidak mudah mencair atau suhu
yang rendah di dalam palka tidak mudah berubah naik.
Kapal Ferry Ciremai 3in1 .
Rute
Kapal ferry ciremai yaitu : JKT – SBY –
MKS – BAUBAU – SRORONG – MONOKWARI – BIAK - JAYA PURA.
Kapal
ciremai memiliki kapasitas :
- Mobil 80 – 90 biasanya tergantung dari jenis
mobilnya.
- Motor 1000 unit.
- 2.000 penumpang.
- container ditentukan sesuai
dengan ketentuan serta kapasitas dan kapal yang mengangkut container 40
feet hanya satu.
Didalam tempat penyimpanan mobil dan
motor ada lassing yang berfungsi sebagai pengikat mobil dan motor agar
kendaraan tidak bergerak ketika kapal berla
Dokumentasi.
0 komentar:
Posting Komentar