Sabtu, 24 Februari 2018

#TM2Sabtu240218 Fungsi Saluran Distribusi

  • Untuk membuat produk tersedia bagi pasar konsumen di mana produk itu ditujukan.Mungkin faktor yang paling penting di sini adalah memastikan produk tersebut terwakilijenis gerai atau toko eceran yang tepat. Setelah mengidentifikasi pasar yang benar untukBarang, perusahaan harus memastikan distribusi fisik yang tepatsaluran dipilih untuk mencapai tujuan ini.

  • Untuk mencapai tingkat layanan tertentu. Sekali lagi, dari pemasok dan pelanggansudut pandang, tingkat layanan khusus harus ditetapkan, diukur dan terawat. Pelanggan biasanya melihat ini sebagai kinerja yang krusial dan relatif mencapai persyaratan tingkat layanan sering digunakan untuk membandingkan pemasok dan mungkin dasar untuk keputusan pembelian berikutnya. Hal tersebut telah dibahas secara rinci pada Bab 3.

  • Untuk meminimalkan biaya logistik dan total. Jelas, biaya sangat penting, seperti adanyatercermin pada harga akhir produk. Saluran yang dipilih akan merefleksikan biaya tertentu,dan biaya ini harus dinilai sehubungan dengan jenis produk yang dikeluarkan dan tingkatlayanan yang dibutuhkan

  • Untuk menerima umpan balik informasi yang cepat dan akurat. Aliran baik informasi yang relevan sangat penting untuk penyediaan dan pemeliharaan layanan distribusi yang efisien.Ini akan mencakup tren penjualan, tingkat persediaan, laporan kerusakan, tingkat layanan, pemantauan biaya, dll.

  • Untuk mencapai kerjasama terkait dengan faktor distribusi yang relevan. Faktornya mungkin dari sudut pandang pemasok atau penerima, dan termasuk minimum order ukuran, jenis beban unit, karakteristik penanganan produk, alat bantu penanganan material, pengiriman akses (misalnya ukuran kendaraan) dan kendala waktu pengiriman, dll.

  • Untuk meningkatkan prospek penjualan yang dilakukan. hal ini dapat dicapai dengan beberapa cara. Faktor yang paling tepat untuk setiap produk atau jenis toko ritel akan dimantapkan pilihan saluran Tujuan umum adalah untuk mendapatkan posisi dan tampilan yang bagus dimenyimpan, dan untuk mendapatkan dukungan aktif dari penjual eceran, jika perlu. Produkharus 'terlihat, mudah diakses dan menarik ditampilkan'. Pilihan saluran dipengaruhi olehTujuan ini dalam beberapa cara:
          - Apakah pengirim mengatur barang dagangan di toko?
          - Apakah display khusus digunakan?
          - Apakah produk perlu dipasang, ditunjukkan atau dijelaskan?
          - Apakah ada promosi khusus produk?




Referensi Buku : The Hand Book of Logistics and Distribution Management. Alan Rushton, Phil Croucher, Peter Baker (2010) 4th Eds


0 komentar:

Posting Komentar